Yang ada di sini...

Kamis, 25 November 2010

HSDPA dan EVDO

Perkembangan internet saat ini merupakan salah satu faktor pendukung majunya komunikasi suatu negara,bisa kita bayangkan internet adalah alat bantu kita mengenal dunia,sedang ada apa dunia saat ini,bagaimana perkembangannya,dan tindakan dari seluruh duania bisa kita ketahui melalui internet.

Dalam berinternetPun, kita membutuhkan koneksi yang bagus pula,dari gsm maupun cdma.
Saat ini,gsm dan cdma bersaing dalam memberikan koneksi yang baik untuk para pelanggannya,dari gsm memiliki HSDPA dari cdma memiliki EVDO.

Apa itu HSDPA?

HSDPA adalah evolusi dari standar W-CDMA dan dirancang untuk meningkatkan kecepatan transfer data 5x lebih tinggi. HSDPA memdefinisikan sebuah saluran W-CDMa yang baru, yaitu high-speed downlink shared channel (HS-DSCH) yang cara operasinya berbeda dengan saluran W-CDMA yang ada sekarang. Hingga kini penggunaan teknologi HSDPA hanya pada komunikasi arah bawah menuju telepon genggam.

Kelebihan dari HSDPA adalah memberikan umpan balik yang lebih cepat saat pengguna menggunakan aplikasi interaktif seperti mobile office atau akses Internet kecepatan tinggi untuk penggunaan fasilitas permainan atau mengunduh audio dan video. Kelebihan lain HSDPA, meningkatkan kapasitas sistim tanpa memerlukan spektrum frekuensi tambahan. Hal ini menyebabkan berkurangnya biaya layanan mobile data secara signifikan.

High-Speed Downlink Packet Access (HSDPA) adalah sebuah jaringan yang diperuntukkan bagi telepon seluler yang populer dengan nama teknologi 3,5G. Teknologi ini menyediakan kemampuan download yang cepat dan merupakan sambungan dari asynchronous digital subcriber line (ADSL) yang digunakan pada sambungan layanan internet untuk daerah perumahan dan mencegah melambatnya koneksi pada telepon seluler.

Apa itu EVDO?

EVDO, juga dikenal dengan EV-DO, 1xEvDO dan 1xEV-DO merupakan sebuah standart pada wireless broadband berkecepatan tinggi. EVDO adalah singkatan dari "Evolution, Data Only" atau "Evolution, Data optimized". Istilah resminya dikeluarkan oleh Assosiasi Industri Telekomunikasi yaitu CDMA2000, merupakan interface data berkecepatan tinggi pada media udara. EVDO satu dari dua macam standar utama wireless Generasi ke-3 atau 3G.

Saya belum bisa menuliskan kelebihan dari EVDO,karena saya sendiri adalah pengguna EVDO dan masih belum puas..Mungkin kelebihannya adalah mahalnya modem yang menggunakan sistem ini,hhe..

Intinya,jika anda memakai gsm anda akan mendapat koneksi HSDPA,dan jika anda memakai CDMA anda akan mendapat koneksi EVDO.

Silahkan memilih,menurut anda koneksi mana yang paling bagus.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar